Lebih Dekat dengan KR





[Jumat, 12 Oktober 2018] Koran merupakan media cetak yang telah lama diminati masyarakat dan masih bertahan hingga saat ini. Mempertahankan eksistensi dari sebuah perusahaan penerbit itu sendiri diperlukan suatu manajemen yang sesuai agar dapat mengelola keseluruhan dari perusahaan. 

Oleh karena itu, pada hari Jumat, 12 Oktober 2018, mahasiswa STMM MMTC Yogyakarta melakukan kunjungan langsung ke Percetakan  Badan Penerbit  Kedaulatan Rakyat yang berada di Jl. Raya Solo Km. 11, Sleman. Kunjungan tersebut diharapkan agar nantinya mahasiswa dapat mendapat informasi mengenai manajemen media di KR dan mengamati langsung proses percetakan koran Harian Kedaulatan Rakyat.

Kedaulatan Rakyat merupakan koran lokal yang sudah berdiri sejak 73 tahun lamanya. Surat kabar harian ini terbit setiap harinya dengan jumlah halaman 32 halaman dan dicetak perharinya maksimal 100.000 kopi. Didistribusikan di Yogyakarta dan Jateng Selatan menjadikan koran KR itu sendiri tak dapat lepas dari kehidupan sehari hari masyarakat Jogja dan sekitarnya.

Kedaulatan Rakyat memiliki berbagai konten berita yang terdiri dari Yogyakarta, Jawa Tengah, Nasional, Internasional, Eksbis, Pendidikan, Sport, Lifestyle, Wisata, Teknologi dan konten konsultasi penanggalan. Untuk mendapat berita- berita KR melakukan reportase pada pagi harinya kemudian pada malam diadakn rapat redaksi dan pukul 23.00 WIB dilakukan pencetakan koran. 

Dulunya tujuan dari koran ini adalah untuk 'sambung lidah' yang artinya untuk memberikan informasi terkini, namun untuk sekarang tujuannnya untuk meningkatkan minat baaca semua kalangan. KR berharap bukan hanya kalangan dewasa sampai tua saja yang membaca koran. Namun juga kalangan muda ikut membaca. Untuk itu KR berinovasi dengan mengadakan kerjasama dengan instansi sekolah dengan menyediakan rubik khusus untuk anak sekolah SD, TK dan SMP yang ingin mengirimkan karya mereka berupa gambar, puisi dan cerita. Untuk kalangan SMA, KR memberikan kesempatan bagi mereka untuk menjadi reporter cilik yang kemudian reportasenya dimuat di koran. Namun tetap dalam pengawasan wartawan senior. Kesempatan ini diberikan selama dua bulan.

Untuk menjaga eksistensi KR sampai saat ini KR terus berinovasi dengan menghasilkan produk selain koran harian yaitu Koran mingguan, koran MERAPI, e-koran (krjogja.com), tiketing dan juga KR Radio. 

Sekian, dan terimakasih :)

Komentar